jump to navigation

Tokoh-Tokoh Laskar Pelangi September 19, 2008

Posted by bangzenk in Pelontar.
Tags:
trackback

Ikal
Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi. Ia berminat pada sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya pertama kali di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Pada akhirnya hubungan mereka berdua terpaksa berakhir oleh jarak akibat kepergian A Ling ke Jakarta untuk menemani bibinya.

Lintang
Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat besar untuk bersekolah semenjak hari pertama berada disekolah. Ia selalu aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut merah ikal ini pernah salah membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya semenjak ayahnya meninggal.

Sahara
Satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah gadis keras kepala berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai, ia baik kepada siapa saja kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air dalam termosnya.

Mahar
Pria tampan bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat besar pada seni. Pertama kali diketahui ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara. Pria yang menyenangi okultisme ini sering dipojokkan teman-temannya. Ketika dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nasib menyapanya karena tak bisa ke manapun lantaran ibunya yang sakit-sakitan. Akan tetapi, nasib baik menyapanya dan ia diajak petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ia tulis di sebuah majalah, dan akhirnya ia berhasil meluncurkan sebuah novel tentang persahabatan.

A Kiong
Anak Hokian. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Baginya Mahar adalah suhunya yang agung. Kendatipun pria kecil ini berwajah buruk rupa, ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun kecuali Sahara. Namun, meski mereka selalu bertengkar, ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama lain.

Syahdan
Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain sandiwara, Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal, ia dan Ikal bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak pernah terbayang oleh Laskar Pelangi lainnya yaitu menjadi aktor. Dengan bekerja keras pada akhirna dia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin… Setelah bosan, ia pergi dan kursus komputer. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer.

Kucai
Ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek, maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. Laki-laki ini sejak kecil terlihat bisa menjadi politikus dan akhirnya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong.

Borek
Pria besar maniak otot. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Ketika dewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara.

Trapani
Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar, ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Cowok yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya berakhir di rumah sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya.

Harun
Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. Ia menyetor 3 buah botol kecap ketika disuruh mengumpulkan karya seni kelas enam.

Tokoh-tokoh Lain

Bu Muslimah
Nama lengkap N.A. Musimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid. Dia adalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Wanita lembut ini adalah pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka.

Pak Harfan
Nama lengkap K.A. Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. Kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah. Ia adalah orang yang sangat baik hati dan penyabar meski murid-murid awalnya takut melihatnya.

Flo
Nama aslina adalah Floriana, seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. Dia merupakan murid pindahan dari sekolah PN yang kaya dan sekaligus tokoh terakhir yang muncul sebagai bagian dari laskar pelangi. Awal pertama kali masuk sekolah, ia sempat membuat kekacauan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang malang terpaksa tergusur. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk di sebelah Mahar dan tak mau didebat.

A Ling
Cinta pertama Ikal yang merupakan saudara sepupu A Kiong. A Ling yang cantik dan tegas ini terpaksa berpisah dengan Ikal karena harus menemani bibinya yang tinggal sendiri.

Komentar»

1. Sinopsis Buku Laskar Pelangi « Berbagi Cerita.. - Oktober 7, 2008

[...] kejadian yang paling menyedihkan melanda sekolah Muhamaddiyah ketika Lintang, siswa paling jenius anggota laskar pelangi itu harus berhenti sekolah padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. Ia harus berhenti [...]

2. yuni - Oktober 19, 2008

laskar pelangi keren abis, ceritanya asik dan gak ngebosenin pokoknya keren deh dan akting para anak belitong nya juga bagus! gooood luck buat semua crew laskar pelangi yaaaaaa :D

3. **liTtleGloomYbeaR**- H45nA! - Oktober 19, 2008

kUwh sKaa bngEED ma MahAr diA g’nTeng a8ie3z! iluvtYowMahar

4. miceal HS - Oktober 24, 2008

buat Q LASKAR PELANgi adl kisah hidup mnusia yg knytaan> untuk mncari ilmu

5. aneka - Oktober 28, 2008

menurut ku novel laskar pelangi itu bagus banget tapi kebanyakan kata yang menggunakan bahasa latin dan kurangnya dialog membuat aku bosan.

6. dienda - November 1, 2008

aduh… gwa suka abiez ma tokoh bu mus.dya wanita yg tak pernah menyerah.untuk bocah2 nya gwa ska ma flo, mahar, lintang. akiong and sahara.LASKAR PELANGI THE BEST!!!

7. Nonton Bareng Film Laskar Pelangi « Pemburu Beasiswa - November 3, 2008

[...] Ikal, Lintang dan Mahar sebagai pemeran utama para tokoh laskar pelangi ini benar-benar menghibur. Betapa tidak, kelakuan [...]

8. eyvie always - April 1, 2009

aslamualykum,,,,
qwh,,,
terinspirasi dengan tokoh bernama lintang,,,
kegigihhannya dalam mendpaykan pendidikan sangat besar,,,
nie, blog dr pemeran yg bmnjd ikal kah?
clo boleh minta alamat email tokoh asli yang menjadi lintang,,,
krn film laskar pelangi diadopsi dr sebuah ksh nyata dr anak2
di belitong sendiri yg sekarng sukss,
film laskar pelangi sangt bgs sekali bagi anax2 indonesia untuk semangat mengejar masadepan.

9. ade - Oktober 8, 2009

film laskar pelangi ga ada matinye dah..ama film-film lain

10. ella - November 9, 2009

laskar pelang aku cinta padamu

11. ella - November 9, 2009

aku cinta kanmu

12. ella paramita br p.a - Februari 3, 2010

film laskar pelangi meningkatkan rasa semangat aja untuk belajar dan slm buat ikal lintang mahar pokok nya semuanya deh he………………………….

13. Novel Laskar Pelangi « Gemma Pramuditho A. - November 17, 2010

[...] kejadian yang paling menyedihkan melanda sekolah Muhamaddiyah ketika Lintang, siswa paling jenius anggota laskar pelangi itu harus berhenti sekolah padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. Ia harus berhenti [...]

14. Sinopsis Buku Laskar Pelangi | Prapti Widiya sos4 Blog - November 24, 2010

[...] kejadian yang paling menyedihkan melanda sekolah Muhamaddiyah ketika Lintang, siswa paling jenius anggota laskar pelangi itu harus berhenti sekolah padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. Ia harus berhenti [...]

15. calvin - Maret 7, 2011

keren abizzzzzzzzzzzzzzzz

16. ibat - Maret 12, 2011

saya sebenarnya ska banget ama nih cerita!

17. ibat - Maret 12, 2011

ah asiknya.

18. Aryana Damanik - November 28, 2011

aku suka banget dengan laskar pelangi

19. Tika Momo Rama - Mei 21, 2012

. aku terkesan dengan adanya laskar pelangiiiiiiiii.

20. www.szjczm.com - Mei 20, 2013

I’d like to thank you for the efforts you’ve put in writing this
website. I am hoping to check out the same high-grade blog posts from you in
the future as well. In fact, your creative writing abilities has
encouraged me to get my own site now ;)

21. Visit this site - Juni 7, 2013

Costs that can be saved and help in the promotion of your sales.

This is another way a local Brampton mortgage broker can come in handy.
Reputation has been built over a decade and Toronto locksmith is making sumptuous attempts to create a legacy over
here.

22. best way to treat nail fungus - Juli 10, 2013

Causes of ShinglesThe reason for the fall on Monday. Silverberg agreed that pushing back the age kids are vaccinated could mean more deaths from best nail fungus treatment.
Students who have not had chicken pox should have their nails trimmed short.
Ciao for now Very proud of my immune system to respond to
medications to help. best nail fungus treatment is a very painful rash that can last for a
few weeks, and be amazed at how bad you looked.

23. toenailfunguscures.net - Agustus 19, 2013

Amazing article, I’m now subbed to your weblog
Nice weblog man, already been reading for a long time but only merely decided to book mark and remark
Amazing submit, I’ve been checking google for a long time looking for these kinds of information!

I’m hoping you may be updating this blog regularly because i love your posts!

24. Exeter Financial Advisor - Agustus 21, 2013

Hello Dear, are you in fact visiting this site on a
regular basis, if so afterward you will definitely obtain good
know-how.

25. http://www.conphys.de - Agustus 25, 2013

Excellent blog right here! Also your site so much up fast!

What web host are you using? Can I am getting
your associate hyperlink for your host? I want my site loaded up as quickly
as yours lol


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: