jump to navigation

Disepakati, Hanya Ada Satu Seleksi Penerimaan Maret 18, 2008

Posted by bangzenk in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

dari harian umum: pikiran-rakyat 

BANDUNG, (PR).-
Kisruh Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) akhirnya selesai setelah Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mempertemukan perhimpunan SPMB dengan para rektor perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dalam pertemuan yang digelar di Jakarta, Minggu (16/3) tersebut disepakati, hanya akan ada satu seleksi penerimaan nasional yang teknis pelaksanaannya sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah sudah dicapai kesepakatan antara 41 PTN, paguyuban rektor, dan perhimpunan SPMB. Kita sepakat membentuk satu panitia nasional bersama,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas Fasli Djalal, Senin (17/3), seusai membuka lokakarya “Membangun Sinergisitas Antara Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam Perspektif Penyelenggaraan Otonomi Daerah” di Sasana Budaya Ganesha, Jln. Tamansari Bandung.

Lebih lanjut Fasli mengungkapkan, secara teknis mekanisme penerimaan mahasiswa baru tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Calon mahasiswa dari daerah mana pun bisa melamar untuk masuk ke PTN mana pun dengan menempuh seleksi di tempat dia tinggal.

“Hanya nama dari seleksi nasional ini masih kita cari. Pada prinsipnya seleksi ini merupakan kombinasi dari dua seleksi yang kemarin sempat muncul,” katanya.

Fasli menuturkan, kesalahan pengelolaan keuangan di tubuh SPMB yang menjadi pokok permasalahan sudah bisa diselesaikan. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, penerimaan uang dari calon mahasiswa harus dimasukkan sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Penerimaannya masuk sebagai PNBP dan dilaksanakan secara swakelola oleh perguruan tinggi masing-masing. Sedangkan komponen yang ditugaskan kepada SPMB dialirkan melalui panitia nasional tadi. Dengan begitu segala metodologi, pengalaman, jaringan, dan keketatan SPMB yang sudah ada selama ini masih tetap dipertahankan,” tuturnya.

Dikti pun, kata Fasli, akan bertugas sebagai fasilitator dalam seleksi nasional ini. Semua rektor akan terlibat dan bersinergi dengan SPMB. Jadwal pelaksanaannya pun akan sesuai dengan rencana semula, yakni pada Juli mendatang.

“Dalam dua minggu ke depan semuanya akan kita selesaikan, di antaranya SK Dikti tentang panitia nasional, termasuk nama dari seleksi nasional ini,” ungkapnya.

Sambut Baik

Sementara itu, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Djoko Santoso menyambut baik munculnya kesepakatan tersebut. Dia menilai, seleksi nasional tunggal adalah solusi yang tepat. “Benar kan saya bilang, pasti akan ada satu seleksi nasional. Ini berarti ITB tetap ikut dalam seleksi nasional ini,” kata Djoko yang juga Ketua Forum Rektor se-Indonesia ini.

Kisruh SPMB yang sempat terjadi, menurut Djoko harus dijadikan pelajaran berharga bagi semua pihak, terutama dalam mencari jalan terbaik dari suatu masalah.

“Tentunya kawan-kawan di sini harus bisa saling bersilaturahmi. Duduk sama-sama menyelesaikan semuanya. Dengan begitu selesai kan,” ungkapnya. (A-157/CA-178)***

Komentar»

1. dickySZ - Maret 18, 2008

alhamdulillah selesi juga,
lain kali panitia2 yang bersngkutan harusnya mikirin nasib kami para siswa gara2 panitia yang kisruh kami para siswa terkena imbasnya seperti rusaknya konsentrasi kami menghadapi UN 2008 yang makin dekat,
tapi yang lalu biarlha berlalu
semoga ALLAH SWT selalu memberikan yang terbaik bagi umatNYA khususnya bangsa indonesia yang sistemnya makin hari makin membingungkan,,,,,
Na’udzubillah,,,

WASS.W.W

2. zikri - April 6, 2008

hancurnya sistem musyawarah – mufakat dalam kehidupan berbangsa dan brnegara telah mengakibatkan negara tidak mampu lagi untuk menjalankan amanat Preambue UUD 45, sehingga apaun kebijkan yang telh di bangun tidak mampu untuk mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, hal inilah yang mengindikaskan dengan tumbuhnya demokrasi mngakibatkan hancurnya Bangsa Indonesia dan kesinambungan NKRI…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: