jump to navigation

Sinopsis Novel Laskar Pelangi September 6, 2008

Posted by bangzenk in Pelontar.
Tags: , , , ,
trackback

Sinopsis Novel Laskar Pelangi ini takan bernilai manfaat apa-apa, kecuali kawan-kawan mau belajar untuk mandiri dan bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita.

Coba mulailah mencari peluang beasiswa kuliah di luar negeri dan belajar tentang hal-hal baru seperti nanotechnology.

Laskar Pelangi adalah sosok teladan, selama kita juga mau peduli dengan keadaan sekitar. Seperti pelangi yang hadir selepas hujan. Mulailah dari sekarang!!


Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!

Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

sumber:
http://laskarpelangithemovie.blogspot.com/2008/08/sinopsis.html

About these ads

Komentar»

1. retno - September 7, 2008

nih cerita kerenzz abzz… perjuangan yang mereka lalui sampai menjadi orang yang sukses menjadi inspirasi tersendiri buat gue n gue lebih dapat memaknai arti persahabatan gue bersama 11 orang sahabat gue. mudah-mudahan film laskar pelangi akan sebagus novelnya

2. Film Laskar Pelangi « Pemburu Beasiswa - September 8, 2008

[...] laskar pelangi the movie trackback Setelah merampungkan tahap persiapan, film Laskar Pelangi, dari novel laris karya Andrea Hirata, memulai syuting perdana di Belitung pada 25 Mei [...]

3. Press Realese Laskar Pelangi The Movie « Pemburu Beasiswa - September 15, 2008

[...] sukses menjadi novel best seller dengan penjualan lebih dari 500.000 eksemplar, kini Laskar Pelangi siap diangkat ke layar lebar dan [...]

aser - Desember 4, 2009

dak usah cicak pakam pilat

4. Keykey - September 18, 2008

Keren bgt ya laskar pelangi kpn keluar filmx ?

5. iralone - September 23, 2008

udah ga sabaran pengin nonton filmnya :)

6. ditha ekasma - September 29, 2008

ceritanya keren abissss,,pokoknya top bgt dech….!!!!!andre hirata top banget si ceritanya?kayaknya bentar lagi bakaln saingan berat sama j.k rowling….he….he…

7. zx - Oktober 6, 2008

waduh novlnnya kueren ban get

8. Hasrat Bertutur “Laskar Pelangi” « Pemburu Beasiswa - Oktober 7, 2008

[...] pembuatan film itu sejak awal tahun, orang dibuat penasaran, seperti apa film hasil adaptasi novel laris itu. Para penggemar novel karya Andrea Hirata itu penasaran bagaimana Riri Riza menerjemahkan kesan [...]

9. Sinopsis Buku Laskar Pelangi « Berbagi Cerita.. - Oktober 8, 2008

[...] juga: Sinopsis novel laskar pelangi Kunjungi juga: Scholarship [...]

10. Mr.X - Oktober 14, 2008

wow……ceritanya membuat semangat….pokokny maknyoz…..^_^…filmsny jg baguz…..pokokny yg blom nonton hrus NONTON deh….di jamin puas 100%^_~ok…..?

11. Nindia - Oktober 14, 2008

huaa andrea hirata pernah mau dateng ke skul ku cman ga jadi hahahha budget nya mahall gila… karna dia lg perlu sumbangan buat bikin rumah gituu (buat anak2 yg ga mampu… rumahnya ituh mau jadi tempat blajar anak2 itu deh kyanya…)

12. RhiRieZ kHaRieZmA - Oktober 14, 2008

Gw sLh atU orang yg gag bruntUng bgt..gw gag bsa n0nt0n fiLm LaSkAr pLaNgi,ortU gw blang gw msh kciL,c0z gW dA d dAeRaH n gAg dA biOzKoP d siNi,s0 kLo mU nNt0n hRuZ k k0tA’y,hk..hK..hK..
TaPi sYkR kA” gW LyT d s0n0,jD dY cRt gTyU mA gW,sKrG gW sNeNg bGt c0z biSa LyT siNoPsiS LsKaR pLanGi dR pHoNe kKa gW..tHaNx kA..

13. bangzenk - Oktober 15, 2008

@ All,

semoga kita dapat memaknai novel maupun filmnya sebagai bentuk perjuangan para sodara-sodara kita di daerah dalam mencari ilmu.

novel ini juga berceritakan tentang perjuangan guru, oleh karenanya sebisa mungkin kita muliakan guru-guru kita.

terakhir, novel ini adalah gambaran ironis negeri ini yang belum bisa meratakan pendidikan sampai ke tingkat daerah.

@ Rhiriez,

makasih dah mampir.. semoga bermanfaat!! SEMANGAT!!

14. izza - Oktober 18, 2008

keren banget ni film…

15. didi pramono - Oktober 23, 2008

novel ini inspirasi bagi kita untuk berbuat lebih dasyat lagi dalam memperjuangkan ilmu.
perjuangan maha dasyat untuk mencapai kegemilangan pikiran.

16. Inggrid Asali - Oktober 26, 2008

Laskar Pelangi…
Top abzz…
Film ini menginspirasikan byk org agar selalu berusaha keras utk menggapai cita”…
Tak mudah putus asa adalah jalan yang terbaik….
Laskar pelangi Jiayo”,,,,,

17. wahana - Oktober 28, 2008

cerita daja udah keren kayak gini!!!
apa lagi kalo film’nya..,,, wow..,, keren abizz tho!!!!

18. ELIS YULIA - Oktober 28, 2008

saya sangat terkesan dengan film laskar pelangi ini karena film ini merupakan film yang wajib kita teladani

19. x-ma - November 1, 2008

sudahkah dunia pendidikan kita di benahi

20. lilin "lintang" - November 8, 2008

aduh gimana yah pengen juga si nonton, tapi bioskopnya jauh

21. nona berhati buta - November 9, 2008

ramme oge uiy !!!

22. ariyanti - November 9, 2008

baaaaaaaaaguuuuuuuussssssss bgt

23. widya - November 14, 2008

crita na kreeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnddddddd abieezzzzzzzzzzz

24. rike - November 15, 2008

laskar pelangi crita nya sangat menarik.,
crta tsb isa melatih seorg anak yg ingin sukses walaupun orang tua nya tidak mampu!!!

Sudarsono Sianipar - Mei 29, 2011

laskar pelangi critanya enak
karna kita dilatih untuk tidak menyerah dan selalu tersenyum.

ibam qornie - November 13, 2011

btul tuh..

25. bangzenk - November 16, 2008

@ All,

makasih dah mampir.. silakan baca review Laskar Pelangi The Movie

*dalam bahasa inggris loo..

26. adit - November 23, 2008

keren abih dah

27. sella - November 29, 2008

novel yang paling kreeen yang pernah q bca..

28. akbar - Desember 6, 2008

thanks

29. akbar - Desember 6, 2008

thanks ya keren cranya gila keren banget terus berjuang ya jgn putus asa memang kepinteran bukan di ukur dari kekayaan tetapi niatnya.skali lg tkanks dan berjung

30. abay - Desember 6, 2008

wow gila!!!!!!!
filemnya seru abiezzzzzzz

31. yoestra - Desember 6, 2008

the first good film in indonesia
filemnya bagus bangettttt

32. bella - Desember 12, 2008

laskar pelangi bagus banged………..

33. vie_ - Desember 12, 2008

ho…ho..ho laskar pelangi lutuna he3 rada menyedihkan sih…….

34. nUGRO wICOKRO - Desember 15, 2008

eMANG AKU SUKA LASKAR PELANGI WALAU AKU BARU DENGER CERITANYA SAJA, AKU BELUM PERNAH NONTON FILM ATAU BACA BUKUNYA. TAPI DARI CERITA DAN EXPOSENYA SAJA AKU SUDAH TERTARIK, KIRIMI DONG AKU CERITA LENGKAP DAN FILMNYA

35. hasnan habibi - Desember 21, 2008

the best thing i ever read and i want to feel like they did

36. hasnan habibi - Desember 21, 2008

dear andrea hirata i have a song which tells about friends and i want to make it for you soundtrack for the next film of tetralogi laskar pelangi because i make after read it oh i really inpyratif of it

37. ipeh - Desember 28, 2008

gila,filmnya seru abiez…..
it can be source spirit 4 me.

38. aUL_EyA - Desember 30, 2008

fIlm nYa kEyEn ABiEz!!!!!!!!
LucHu,pEnUh perjUangAn,seDih
aDUwCh kEyEn AbIeZZZZ

39. mei - Januari 2, 2009

keren and mendidik bgt

40. BAY - Januari 6, 2009

Sumpah keren BgtZZZZZZZZZZ
sedih<<<
seneng<<<
Seru Dech !!!!!!!!

41. astrie - Januari 22, 2009

gw seeh byom nontoon tapiii gw dagh paham ama cerita na….doain ajah iaa spaya gw bsaaa nuntun…………….

42. febrie - Januari 22, 2009

gw pengen beud ke tmpat wktu mereka pade suting…..
enak kali yeeeee………….

43. mbuh - Januari 25, 2009

kurang okeh sinopsise

44. wina - Februari 4, 2009

plis…
sinopsis laskar pelangi eank banyak dunk

45. yusup - Februari 15, 2009

ini cerita sangat mendukung bagi kepintaran anak anak karena mempunyai sipat semangat yang tinggi

46. unknown - Maret 2, 2009

Cerita ini sangat mendukung bagi siswa yang ingin mencari tugas tentang sinopsis novel ! thankyou!

47. furi - April 4, 2009

waw ,CErita ya keren bangetzzz,bisa wat peDoman and semaNgat belajr kita

48. vhera - April 10, 2009

nE cRita.na kRen bgdh. . . .

sumpaaa gw nd’ bo.onk……..

gw nangis bc.na……

hix..hix

49. @_u - April 14, 2009

Guila pelemY KueRen uaBiz…iz… Aq jd smgT BLjR Lho….

50. chesy - April 21, 2009

BUseT fIlmx Keren . . . . eh kapan sich keluar CD laskar Pelangi ???? ? ?

51. ucok "cha-ca" - Mei 6, 2009

bagus banget

52. RUDY - Mei 7, 2009

MANTAPPPPPPPP KALEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE!!!!!!!1

53. thalita audi - Mei 13, 2009

bagus ya ceritanya.paling terharu sama lintang.

54. chachan mutzz - Mei 19, 2009

wahhh baguzzz loch ceritanya…

rizki andrian - November 6, 2009

ya bner………
you nax mne????????????/////

55. desmond - Mei 19, 2009

w suka banget film niehhh

56. yogi - Mei 22, 2009

huh….
cerita yg bisa jadi pelajaran berharga bagi saya,,.,
bahwa,keterbatasan,bukanlah halangan untuk menjadi pelangi yang memperindah dunia ini..

57. ochy - Mei 29, 2009

seru….abis! q gk pernh baca novel sampe” merinding be92….. n aga bsa ngrubh gaya idup gw y awut2an.

58. deva - Juli 25, 2009

ceritanya kog pnjang sich

59. ijtan - Agustus 2, 2009

guw ampe trharu . . . . .bNgetZZZZZZZZZZZZ

60. santri - Agustus 4, 2009

kdrentt abizzz .
smpah g bsa ngmng am kta” smpah kdreeeeen abiz .
salut bwt pngarang.nna .

61. zimbo - Agustus 12, 2009

laskar pelangi top abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

62. rima - Agustus 15, 2009

wah…..

hebat nya……..

perjuangan anak laskar pelagi

63. erwan - Agustus 15, 2009

bagus

64. adit - Agustus 18, 2009

Itu betul sinopsis?

65. dewi - Agustus 19, 2009

weeee…. kereND bgt yaCh

66. Pu3 - Agustus 21, 2009

mantap bget critany!! qw liat 5 kali!!

67. zoel - September 29, 2009

BUSSET…….. keren amat cerita’a w ampe ketagihan

68. nova - Oktober 6, 2009

wah kerens buangetzzzzzzzzzzzzzzzzzz

69. PanjOel - Oktober 8, 2009

wew bagus Juga ya … Ebats

70. Khintar - Oktober 18, 2009

cerita ny BAGUS BANGET ampe2 aku jadi terharu ngebacaknya !!!!!!!!!!!!!! T_ T

rama - Mei 5, 2011

gax

71. tHe SaLoMe. . . . mEnCrEt" - Oktober 19, 2009

SINOPSISNA KEREN ABIZ QU AMPE’ KBWA CERITANA. . . . . . . .

72. vhiea - Oktober 20, 2009

makasiiihhh ea laskar pelangii….
dengan adanya ini kita dapat berusaha untuk menggapai cita cita kita…..

73. mawar - Oktober 20, 2009

bagussssssssssss banget………..

74. MISS GOKHIEL - Oktober 20, 2009

sumpah seeeeeeruuuuu buuuuaaaangeeeet flimnya,,,,,,,
gw ja gk bosen” nonton tu flim

75. aa agung - Oktober 26, 2009

ini film ttg pendidikan indonesia,pokoknya bagus buangettt deh,pasti nyesel kalo gak nonton ni film!!!!!!

76. ramadhan - Oktober 27, 2009

keren abiz

77. Ike - Oktober 28, 2009

Met,,,,,,,,,,,,sore g ngpn skrg?

78. rizki andrian - November 6, 2009

gW cKa cRitA nieeeeeeeeeee……….

79. "NARSIS" pengen melbu tipi - November 7, 2009

LASKAR PELANGI keren abizzzzzzz
gue terharu bagettttttt ……..
Gue nyesel bangetttttttttttttt. coalx kmaren loe ajak gue maen film ne, gue g’ mau. loe tau ndiri kan gue gi banyak job maen film. kmaren ja gue baru ja maen film di “KCB 2″ meskipun gue cuma jadi “JONGOS” tapi gue bangga banget kn dah nampang di TiPi…………..
hehehehehehehe

80. Mochammad Aditya Prasetya - November 7, 2009

Gila cerita LASKAR PELANGI KEREN ABIS !!!
Cerita ini dapat buat contoh bagi masyarakat Indonesia supaya selalu berusaha dalam mengerjakan sesuatu dan tidak menghina pekerjaan orang lain dan selalu menghargai pekerjaan orang lain !!1

Mudah-mudahhan ada lagi film yang seperti ini yang dapat membuat contoh bagi masyarakat Indonesia.

Amien………………………..

81. FIRMAN MULYANA - November 9, 2009

keren abizzz.,.,..
acungan jempol buat menulis novel ini.
semoga penulis bisa menghasilkan karya yg
lebih bagus lagi.^^__^^

82. FIRMAN MULYANA - November 9, 2009

keren abizzz.,.,..
acungan jempol buat penulis novel ini.
semoga penulis bisa menghasilkan karya yg
lebih bagus lagi.^^__^^

83. faisol - November 11, 2009

wah film laskar pelangi emang keren

PENGGEMAR RASHASIA - November 12, 2009

I LOVE YOU FULL HAHAHAHAHAHAHAHA…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

84. Nurseto D.N - November 17, 2009

CeRitHaNyE bUaggUz Oy

85. rizky - November 20, 2009

Selamat untk Laskar Pelangi , Ceritanya Bagus , CAYOOOO

86. mifta - Desember 2, 2009

Ceritanya buaguzzzzzzzzzz buanget,,,,,,mengaharukan dan bikin kita mengerti arti sebwah persahabatan & perjuangan,,,,,,,,,
mga penulis novel ni biza wat karya yang lebih baguz lg,,,,
i love you,,,,,,,,,,,

87. lisa - Desember 3, 2009

menarik bnget dech ceritanya itu cba kalau masyarakat indonesia termasuknya …. juga bsa menyontoh perjuangan anak – anak itu .. pasti koe yakin MAKMUR dech INDONESIA . . . !!!!! sukses dech film LASKAR PELANGI

88. Anggun Rif,atul Jannah - Desember 8, 2009

jangan lupa belajar agar menjadi orang yang sukses

89. Anggun Rif,atul Jannah - Desember 8, 2009

kita perlu mencontoh perilaku anak-anak dilaskar pelangi karena hidup itu perlu perjuangan jangan mudah putus asa. yang putus asa pasti kalah dalam permainan hidup ini

90. riri - Desember 10, 2009

kwerens bangetz zaw…………………..?critannya_x
qwe salut bangets dengan crytanya

91. dewi - Desember 10, 2009

ceritanya baguuuuuuuuuussssssssssbgt deh krennnnnnnnnnnd dehhhhhh!!!

92. kriesdha yantie - Desember 14, 2009

bagusss banget dech ceritanya,,
qta perlu mencontohnya,because perilaku anak yang terdapat dalam film itu mempunyai banyak makna bagi kehidupan kita. . .

93. anjie - Desember 14, 2009

ceritanya huueeeeeeeeeeeeeebattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt buuuuuuuuuuuuuuaaaannnnngeeeeeeeeeeeeettzzzzzzz

94. ayu - Desember 14, 2009

hm ..
kerrend bnged filmna ..
sngad mendidik nd dpad memotivasi kitta untg majju ..
perjuanganna sngad tinggi untug sekolah ..
wah .. pesan moralnya bgus bnged ..
sukses dch buad andrea hirata ..

95. nenk ressna - Desember 15, 2009

men9haruukan buangetzzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

96. "nona"yohim - Januari 2, 2010

ketika menonton dan membaca sinopsis Laskar Pelangi mendorong saya untuk menjadi seorang guru kedepan yang tetap mempertahankan atau memperjuangkan pendidikan kepada anak-anak yang dianggap tidak bisa atw tidak mampu…..
ternyata setiap orang atau mahkluk ciptaan TUHAN mempunyai talenta masing-masing yang tidak dimiliki orang lain….

Laskar Pelangi!!!!!!!! maju truzzzz dan berguna bagi orang-orang….

97. putri - Januari 30, 2010

ceritanya kereeeeen banget ;)

98. novie - Februari 6, 2010

top bgt

99. YULA - Februari 7, 2010

AEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE,

NP GAG LENGKAP SINOPSIS NY?????????????????????????

JADI KAMI2x ORG KHN GAG BS AMBL DR SENI ADSFGHJKL;KJFDSAERTGYHUJIKOL?????????????????????????????????????????????????????????????????????????

SEBEL DE???!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

PADAHAL KLO Q N TMN2 BACA N NONTON NY WAWWWWWWWWWWW BGS BNGT TP KOQ DSENI Q AGX KECEWA Y???
KNP???????????????????????????????????????

COZ GAG LNGKP CHI SINOPSIS NY?!!!!!!!!11

100. GADIS - Februari 7, 2010

WAHHHHHHHHHHHHHHHHH,

BAGUS YA FILM N NOVEL LASKARNUY????

Q KGUM DE????????????????????/

KLO Q BS MAEN DLM FILM ITU WWWAHHHH GILE BANGGA HABIS Q???!

EHHEHEHEHEEEEEEEE

NGAREP BANGET YA????????????

MAKLUM MAU JADI ARTIS GA KESAMPAIAN????????????

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHHHHHH>>>>

JJDKLSFHDFFJKLTYHBRSHJMBOHUHNBIOYBA;O

101. adi - Februari 17, 2010

bgs sekali …………

102. fitri - Februari 20, 2010

sinopsisnya baGoess,,,,,
aq ambiL Ya bUat tuGas

103. lusi - Februari 24, 2010

bagus bettttttttt kalo bsa puterin di tv yuaaaaaaaaa……………

104. asri - Maret 1, 2010

ceritanya keren abiszzzzzzz…..
klo bisa puterin lagi ea

105. fira - Maret 2, 2010

filmnya bagus banget lho

106. fira - Maret 2, 2010

buruan nonton dech film laskar pelangimya bagus banget…..
ceritanya mengharukan…
kalo bisa puterin lagi ya di TV yar ,,Q bisa nonton lagi…

107. QIAN - Maret 25, 2010

SIP…………….. GW SKA CRITA.NA

108. achdiat ibnu - Mei 28, 2010

laskar pelangi pokok’e tooooppp……

109. andi - Mei 29, 2010

kerenzzzzzzzzzzzzz..z..z.

110. syahri yuldi eka putra - Juli 4, 2010

mahakarya yg sgt bgus tiada tndingannya…………
mengharukan,mmbangkitkan smangat,menyadarkan diri akn kpntingan pndidikn tnpa btas usia………….

andaikan ank2 yg kita hrpkan sprti lintang…..
wlwpun bkan bkat alami yg dturunkan sbgai mu’jizat,,setidaknya sistem pembelajaran yg harus kita trapkan kpd mreka harus mngikuti cra yg sprti ini……………
SALUD bGT LaH…….
Cayoooo ANDREA HIRATA………
LANJUTKAN film nya ampe MARYAMAH KARPROVE
edensor kpan mlai dirilis neyh film ny………….???????????
skses

111. indra chrisna diwara - Juli 30, 2010

gw salut bgt ama sutradaranya yg bikin filem laskar pelangi

112. as muna - Agustus 3, 2010

huh………..keren banget aku pingin bisa buat novel kayak……giyu….doain ya…………

113. tia - Agustus 24, 2010

salut banget gue . .. .

114. anton - September 4, 2010

kren bngt

Balas

115. reska - September 15, 2010

crta yg kern dan sngat mendidik…………..
kerennnnnnnnnnnnnn abizzzzzzzzzzzz

116. bambang - September 15, 2010

cerita yg sngat mnyntuh pembaca………….!!!!!
laskar pelangi mantap…………
KEREN…….

117. sehat.manase@yahoo.co.id - Oktober 5, 2010

novell

118. icha - Oktober 10, 2010

menurut saya ,novel laskar pelangi ne sgt bgus & mengharukan bgi saya….
sosok seorg lintang yg pnuh semangt dlm menmpuh pndi2kan ,tk mngenl apa pun ….
rntngan slu dhdapi na ,tk mngeluh sdkt pun……..
dr sna lh bsa kta cntoh ….
luph u laskar pelangi is the best …..

119. ully - Oktober 12, 2010

sinopsis ini beneran buuuuaguuuuuusssssszzzzzz lho !!!!!!!!

120. vortex - Oktober 19, 2010

wah sinopsisnya berguna banget buat gw

121. gRavEyaRdOrHeElL - Oktober 25, 2010

penulis and tanggal terbitnya kapan gan?

122. candra - November 2, 2010

sipp………………. ok

123. nzz26 - November 7, 2010

mantaapp.
aku mo nanya watak masing” tokoh di laskar pelangi apa aja ?

aku gk tau

124. Faris Si Dewa Pb - November 9, 2010

Diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri, buku “Laskar Pelangi” menceritakan kisah masa kecil anak-anak kampung dari suatu komunitas Melayu yang sangat miskin Belitung. Anak orang-orang ‘kecil’ ini mencoba memperbaiki masa depan dengan menempuh pendidikan dasar dan menengah di sebuah lembaga pendidikan yang puritan. Bersebelahan dengan sebuah lembaga pendidikan yang dikelola dan difasilitasi begitu modern pada masanya, SD Muhammadiyah-sekolah penulis ini, tampak begitu papa dibandingkan dengan sekolah-sekolah PN Timah (Perusahaan Negara Timah). Mereka, para native Belitung ini tersudut dalam ironi yang sangat besar karena kemiskinannya justru berada di tengah-tengah gemah ripah kekayaan PN Timah yang mengeksploitasi tanah ulayat mereka.

Kesulitan terus menerus membayangi sekolah kampung itu. Sekolah yang dibangun atas jiwa ikhlas dan kepeloporan dua orang guru, seorang kepala sekolah yang sudah tua, Bapak Harfan Efendy Noor dan ibu guru muda, Ibu Muslimah Hafsari, yang juga sangat miskin, berusaha mempertahankan semangat besar pendidikan dengan terseok-seok. Sekolah yang nyaris dibubarkan oleh pengawas sekolah Depdikbud Sumsel karena kekurangan murid itu, terselamatkan berkat seorang anak idiot yang sepanjang masa bersekolah tak pernah mendapatkan rapor. Sekolah yang dihidupi lewat uluran tangan para donatur di komunitas marjinal itu begitu miskin: gedung sekolah bobrok, ruang kelas beralas tanah, beratap bolong-bolong, berbangku seadanya, jika malam dipakai untuk menyimpan ternak, bahkan kapur tulis sekalipun terasa mahal bagi sekolah yang hanya mampu menggaji guru dan kepala sekolahnya dengan sekian kilo beras-sehingga para guru itu terpaksa menafkahi keluarganya dengan cara lain. Sang kepala sekolah mencangkul sebidang kebun dan sang ibu guru menerima jahitan.

Kendati demikian, keajaiban seakan terjadi setiap hari di sekolah yang dari jauh tampak seperti bangunan yang akan roboh. Semuanya terjadi karena sejak hari pertama kelas satu sang kepala sekolah dan sang ibu guru muda yang hanya berijazah SKP (Sekolah Kepandaian Putri) telah berhasil mengambil hati sebelas anak-anak kecil miskin itu.

Dari waktu ke waktu mereka berdua bahu membahu membesarkan hati kesebelas anak-anak marjinal tadi agar percaya diri, berani berkompetisi, agar menghargai dan menempatkan pendidikan sebagai hal yang sangat penting dalam hidup ini. Mereka mengajari kesebelas muridnya agar tegar, tekun, tak mudah menyerah, dan gagah berani menghadapi kesulitan sebesar apapun. Kedua guru itu juga merupakan guru yang ulung sehingga menghasilkan seorang murid yang sangat pintar dan mereka mampu mengasah bakat beberapa murid lainnya. Pak Harfan dan Bu Mus juga mengajarkan cinta sesama dan mereka amat menyayangi kesebelas muridnya. Kedua guru miskin itu memberi julukan kesebelas murid itu sebagai para Laskar Pelangi.

Keajaiban terjadi ketika sekolah Muhamaddiyah, dipimpin oleh salah satu laskar pelangi mampu menjuarai karnaval mengalahkan sekolah PN dan keajaiban mencapai puncaknya ketika tiga orang anak anggota laskar pelangi (Ikal, Lintang, dan Sahara) berhasil menjuarai lomba cerdas tangkas mengalahkan sekolah-sekolah PN dan sekolah-sekolah negeri. Suatu prestasi yang puluhan tahun selalu digondol sekolah-sekolah PN.

Tak ayal, kejadian yang paling menyedihkan melanda sekolah Muhamaddiyah ketika Lintang, siswa paling jenius anggota laskar pelangi itu harus berhenti sekolah padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. Ia harus berhenti karena ia anak laki-laki tertua yang harus menghidupi keluarga sebab ketika itu ayahnya meninggal dunia. Native Belitong kembali dilanda ironi yang besar karena seorang anak jenius harus keluar sekolah karena alasan biaya dan nafkah keluarga justru disekelilingnya PN Timah menjadi semakin kaya raya dengan mengekploitasi tanah leluhurnya.

Meskipun awal tahun 90-an sekolah Muhamaddiyah itu akhirnya ditutup karena sama sekali sudah tidak bisa membiayai diri sendiri tapi semangat, integritas, keluruhan budi, dan ketekunan yang diajarkan Pak Harfan dan Bu Muslimah tetap hidup dalam hati para laskar pelangi. Akhirnya kedua guru itu bisa berbangga karena diantara sebelas orang anggota laskar pelangi sekarang ada yang menjadi wakil rakyat, ada yang menjadi research and development manager di salah satu perusahaan multi nasional paling penting di negeri ini, ada yang mendapatkan bea siswa international kemudian melakukan research di University de Paris, Sorbonne dan lulus S2 dengan predikat with distinction dari sebuah universitas terkemuka di Inggris. Semua itu, buah dari pendidikan akhlak dan kecintaan intelektual yang ditanamkan oleh Bu Mus dan Pak Harfan. Kedua orang hebat yang mungkin bahkan belum pernah keluar dari pulau mereka sendiri di ujung paling Selatan Sumatera sana.

Banyak hal-hal inspiratif yang dimunculkan buku ini. Buku ini memberikan contoh dan membesarkan hati. Buku ini memperlihatkan bahwa di tangan seorang guru, kemiskinan dapat diubah menjadi kekuatan, keterbatasan bukanlah kendala untuk maju, dan pendidikan bermutu memiliki definisi dan dimensi yang sangat luas. Paling tidak laskar pelangi dan sekolah miskin Muhamaddiyah menunjukkan bahwa pendidikan yang hebat sama sekali tak berhubungan dengan fasilitas. Terakhir cerita laskar pelangi memberitahu kita bahwa bahwa guru benar-benar seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

farhan - November 10, 2010

bia sangat berjasa sali yaaa

endah - Januari 11, 2011

panjang amat

endah - Januari 11, 2011

hehehe

jhesya - Januari 16, 2011

panjangggggggggggggggg naaaaaaaaaaaaa…………

singkat ajj khan bsa……….

125. Faris Si Dewa Pb - November 9, 2010

itu adalaj cerita nya

126. farhan - November 10, 2010

dia sangat berjasa

127. ilham - November 11, 2010

semoga anak anak indonesia bisa menjadi seperti itu

Imah Vlenchia - November 25, 2010

each moga ajja yuach..!!

128. taufik - November 12, 2010

saya sangat senag pada andrea hirata karna ke gigihannya.

129. zaky - November 12, 2010

i like it laskar pelangi ilove youuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu full

130. linda - November 21, 2010

waw, cerita’a keren abizz…

I LIKE IT LASKAR PELANGI

131. fajar guruh yonathan - November 25, 2010

koment doang lo bikin dong!!!!!!!!!
sinopsis bisanya koment aja

132. Imah Vlenchia - November 25, 2010

LaSkar peLangi mAy fAvoRite’zZ

bEcAuse I Like It

133. justin bieber fans - November 26, 2010

aku suka, aku suka ,<3 laskar pelangi

134. kintel - November 28, 2010

aku suka bgd

kintel - November 28, 2010

gila lo

135. jimijm - November 28, 2010

goli

136. Dochi Sadega - November 29, 2010

Hahe! Wa sikag banget film ne! apalagi kalog Partok, Andre, Nunung, Aziz, dan Sule Eank Maenen! xD

Ifa Pia - November 29, 2010

Ee,pasti muuuannntabbbbbbbbbb…………….
bnget klo rombongan OPERA VAN JAVA yang maen…..
pasti azis yg kna sial……………

137. Ifa Pia - November 29, 2010

Aku suka bnget ama cerita nie,
coz.a cerita nie punya makna yang dalammmmmmmmmmmmmmmmmmmm bnget. . . . . . .

138. amel - November 29, 2010

bisa jadi tugas sinopsis sekolah nii hhehehehehee

139. midun - November 29, 2010

lumayan buat tugas … ckckck

140. Yako - November 29, 2010

awalnya saya belum tertarik dengan ceritanya, tetapi setelah membacanya sampai akhir, saya sangat terkesan…..^_^….. “I LIKE IT”

141. 00.Nowhereman - Desember 3, 2010

lemayan nih….
Thnks y…. ^_^

142. Aga - Desember 5, 2010

Cerita ini sangat mendukung bagi siswa yang ingin mencari tugas tentang sinopsis novel ! thankyou!

143. safii - Desember 8, 2010

wah thanks tugas sinopsis ane jdinya udah kelar karna ada ini

ujainudin - Desember 8, 2010

sma ane jga kk

144. Rahmat Sopyan - Desember 22, 2010

Sinopsis ini sngat mmbatu kami pnelusur novel….

145. hendra_k - Januari 2, 2011

sinopsisnya baGoess…
menurut saya cerita tersebut bisa melatih membangkitkan seorg anak yg ingin sukses walaupun orang tua nya tidak mampu!
Bisa berikan link dari review Laskar Pelangi The Movie

146. adit srgo - Januari 13, 2011

keren abizz

147. jhesya - Januari 16, 2011

ok bgt

148. mochammad noor fauzan - Januari 26, 2011

keren lahk bagus banget dan bisa mendidik anak anak indonesia saya acung kan jempol untuk film laskar pelengi ini
poko nya laskar pelangi muaaantappp…..

149. ari - Februari 18, 2011

Ku suka dgn cerita ini
semoga cerita yg lain bisa lebih bagus
supaya bangsa indonesia maju atau terkenal dgn cerita ceritanya

150. sandy febry - Februari 22, 2011

baik benar

151. yuriza - Maret 1, 2011

novelx sih sangat buagussss…..,,….
tapi msh agk blm bsa d mngrti sdikittttt…,,..
jgan muarah y….,,..klo kmentarx krang bgus….,,
i’m sorry……,,,…..
js…,,

152. Yovie - Maret 2, 2011

oy wa suka nih dngan novelnya mudah mudhan JADI INSPIRASI BAGI KITA SEMUA “Makasih”

153. diyah - Maret 8, 2011

wooww
kren abiezz
ceritanya,,,,
n supaya mnjdi insfirasi buat kita semua,,, :)

154. nopin walhindra - Maret 8, 2011

kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
q pengen jadi se orang yang punya ilmu sastra yang luas.

155. Nathan - Maret 28, 2011

sdikit menarik

156. Safeii Sali - April 1, 2011

Jancok Sekawan salam Sebotol muko kmu Cak koontol

157. Safeii Sali - April 1, 2011

Iihhhh Gk bagus Ceritoo nyo

158. Cinta Laura - April 19, 2011

Huh Cerita Macam apa ne cacadz abis

159. derio - Mei 7, 2011

thenks bnget thu bwat si farhan gw da tgas nyeritain laskar pelangi dya udah nyeri tain jdi kan gampang tinggal nulis…. Hehehe sabon… 1146

160. derio - Mei 7, 2011

krenzzz abis lah… Sabon …nih

161. derio - Mei 7, 2011

mr… Donat… Donat..mania.. Eh… Pelecehan

162. Yose - Mei 10, 2011

Bagus Ceritanya !!

163. dony - Mei 15, 2011

ni crita sngat bagus

164. erwan ahmad - Mei 25, 2011

hebat bnget…
salut…

165. DONA - Agustus 19, 2011

BGUSSSSSSS…………………………………
NHIAN CRITA LASKAR PLANGI IN

166. ahnaf - September 8, 2011

ku ingin ada yg suka padaku

167. ahnaf - September 8, 2011

semoga ada wanita yg cantik dan semoga dia suka pada ku

168. danti - September 12, 2011

baguzz novelx
:P

169. Cyril Kurnaman - September 14, 2011

Mantabbbb.. :P

Kerennnzz abizzz… :D

farel - September 25, 2011

betul banget .

170. bochha - September 15, 2011

Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!

Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

171. farel - September 25, 2011

rame banget film nya,,
aku suka

172. jha praja - Oktober 2, 2011

hmmm rame bgt ni btw sinopsisnya kq dikit ne

173. Rizqi Agung Pamuji - Oktober 4, 2011

makasih kak

174. Intania Chantika Alina - Oktober 13, 2011

bagus :P :D

175. kenzo tri leopard - Oktober 23, 2011

This cool, I love the novel as well as fascinating and exciting film I like …..:)

176. riki - Oktober 24, 2011

ceritanya jelek. . . . . kalah cma spongeboob squarepants hahahahahahaha. . . . . kekurangan dana

ajisiepenggemarunited - Februari 7, 2012

menghina

177. lia - November 3, 2011

kpn laskar plngi mncul aghey

178. sila - November 21, 2011

cerita laskar pelangi seru ya
top bangettt
semuanya add me ya

179. sila - November 21, 2011

ceritanya jelek kalah denga spongebob
ha..ha..ha bercanda jah kok

180. sila - November 21, 2011

hai . . . semua yang lagi bukak cerita laskar pelangi . . .
jangan lupa edd q ya

181. itzuki - November 27, 2011

kok sinopsis nya sedikit??

182. andres prikitiew - November 28, 2011

kenapa nda ada ceritanya dlu baru sinopsisnya klu blh munculkan yach zoalya ceritanya keren abis

183. laras - Desember 11, 2011

waw bangeet

alfi - Desember 19, 2011

PRObanjar mengatakan…

apaan tuh…???

soal pasti ada jawabannya ?????

184. dwi - Januari 9, 2012

manipulasi bahasanya gimana

185. edy - Januari 10, 2012

Aku suka,,film ini ..

186. rony - Maret 28, 2012

hhhhhhhhmmmmmmm…………….good novelll…i like itt coy

187. Sylvia - Mei 8, 2012

Andrea Hirata emang keren. Gw punya pengalaman dan kesan yang baik tentang dia

http://inspirasivoyager.blogspot.com/2012/05/laskar-pelangi-versi-mandarin.html

188. Sela Listiniawati - Mei 30, 2012

Moga penulis nyha bisa menghasil kn karya2 yg lebiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhh bgus and kerens

189. akmal - September 26, 2012

kedikitan tuh

190. payday loan fast loans - Februari 12, 2013

Filling out an application as well as passing
our Payday Loans are usually quite simple and
easy. If you already find the most effective cash provider
that has a great deal for you, you can start the application approval process.
Complete the simple online form for application usually located
on their personal website. Fill with sufficient information asked
from you. Such information is your name, address, e-mail, bank account and other details.
The express application process only takes within few minutes to complete and you will
receive fast response.
Once you have been approved, patiently wait for the cash in your bank account for an hour.
Lenders who supply such loan our Payday Loans process the money within an hour to send it to your
account. To notify you if the fund has been transferred with success, confirmation will be sent to your email.
Some loan companies or cash providers have a fax less process of payday loan that totally do not require faxing of files.
Luckily, for those who have a poor credit history or poor credit
scores, checking credits is not usually a need for your qualification.

for payday loans – our application process is continuously being reviewed and enhanced to ensure it much better and
more painless for you to follow and use. We are committed to making your every visit to DayPayLoan a
nice one so we have shaped every element of our webpage
and application process considering your needs, at every aim.

To apply, find our quick online application and
simply click submit, you will receive a response in just minutes with our
decision and if your request has succeeded you will get your loan within
one hour. Payday loans are a good choice for life’s little sudden emergencies and if used rationally can be a quick source of instant money should the need happen.
With ucwords($k);, you no more need to make useless messages or calls and faxes. Just complete the online form with your specific requirements (volume of loan required and also the time period) and make application for a loan online. You’ll get instant
approval inside hours and the amount will be credited to your
bank account.
quickly, without the need to fax all your documents. These
aren’t common loans in which supplying a lot of information is vital. It’s a remarkable approach to sail by way of tough times which were unseen as
well as unexpected. Financial crisis are at occasions hard to deal
with. However, the no fax payday advances make
it easier for you personally provided you’re honest with your situation as well. Don’t wait.
Go for it!

191. dhfmeiomzywp - Maret 6, 2013

ggfqqxdvddbj

192. Keenan - April 6, 2013

May I simply just say what a relief to uncover someone that
really understands what they are talking about over the
internet. You certainly know how to bring an issue to light and make it important.
More and more people should read this and understand this side of your story.
I can’t believe you aren’t more popular given that you surely
possess the gift.

193. Candy - April 9, 2013

Hello my loved one! I want to say that this post is awesome, greatly written and come with almost all
important information. I’d like to see more posts like this .

194. best rate loans - April 18, 2013

Wow, wonderful blog layout! How long have you
been blogging for? you made blogging look easy.
The overall look of your site is fantastic, as well as the content!

195. Best Loans For Bad Credit - April 18, 2013

Hey I am so happy I found your webpage, I really found
you by error, while I was looking on Wolfram Alpha
for something else, Nonetheless I am here now
and would just like to say thanks a lot for a tremendous
post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read it all at the moment but I have saved it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the awesome work.

196. best value loans - April 20, 2013

I read this article completely on the topic of the resemblance of most recent and previous technologies,
it’s remarkable article.

197. best rates for loans - April 24, 2013

Sweet blog! I found it while surfing around on Yahoo News. Do you have any suggestions
on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

198. best bank loan rates - April 25, 2013

Now then Dear, are you in fact visiting this site on a regular basis, if
so then you will definitely take crucial knowledge.

199. best rates for loans - April 28, 2013

Hmm is anyone else experiencing problems with
the pictures on this blog loading? I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the
blog. Any responses would be greatly appreciated.

200. unsecured loans - April 29, 2013

I like the valuable info you provide in your articles.

I will bookmark your blog and check again here regularly. I am quite certain
I’ll learn many new stuff right here! Good luck for the next!

201. best small loans - Mei 1, 2013

Incredible! This blog looks just like my old one!
It’s on a entirely different subject but it has pretty much the same page layout and design. Excellent choice of colours!

202. Brenda - Mei 3, 2013

I really like your blog.. very nice colours & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to do it for you?
Plz answer back as I’m looking to construct my own blog and would like to know where u got this from. thanks a lot

203. best loans on the market - Mei 4, 2013

Undeniably believe that which you stated. Your favourite justification seemed
to be on the internet the easiest thing to be aware of.
I say to you, I definitely get annoyed while people consider worries that they plainly do
not know about. You managed to hit the nail upon the top
as well as defined out the whole thing without
having side effect , people could take a signal. Will probably be back to get more.

Thanks

204. personal loans - Mei 7, 2013

I like the helpful info you provide in your articles.
I’ll bookmark your web-site and check again here frequently. I am quite certain I will learn plenty of new stuff right here! Good luck for the next!

205. personal loans - Mei 8, 2013

Howdy just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be running off the screen in Safari.
I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with web browser compatibility but I figured I’d post to
let you know. The design look great though! Hope you
get the issue resolved soon. Many thanks

206. Maple - Mei 12, 2013

Until a friend told me about this I hadn’t even thought it possible. Seems like I’m behind on the issue.
.

207. Ray - Mei 16, 2013

Today’s plan is Uni revision…must..get some done….

208. best loan deal - Mei 17, 2013

Last minute updates are usually the best, the words just
fly out onto the screen.

209. Brandy - Juni 5, 2013

I rented a similar domain name to this a few days ago, I have a few
ideas in mind for the area.

210. best tenant loans - Juni 6, 2013

There’s nearly always a new setback waiting round the corner. Never done eh!

211. great Loans site - Juni 7, 2013

I’m going to be adding my own considerations on this as soon as I’ve looked into it with more consideration.

At the mo I’m not certain about this.

212. unsecured loans - Juni 8, 2013

I may get around to this myself at some point,
should I get finance.

213. Ebony - Juni 18, 2013

You will choose to enter bank passwords but do don’t you worry, they feel safe sites. You may nuisance about having the actual bad credit ambient or having not for credit background any kind of.

214. short term payday loans - Juni 26, 2013

Possibility to prove to each of our lenders, that there is absolutely
no such thing for lack of integrity, competence, credibility,
and simply ethics and are generally dependable. Fitness is a term that is approximately worships all the actual world.

215. Susie - Agustus 7, 2013

There are, however, some items that are low in calories
that although might not be ideal at least are not as
bad. These pills are effective as it enhances muscle metabolic rate.
BSN NO-Xplode solves this annoying problem by upping your bodies creatine limit.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: